Jangan Mengeluh – “berkarya”lah

Menurut saya , rasa hati manusia bisa diklasifikasikan menjadi 2 klasifikasi utama : rasa senang , rasa sedih

rasa senang , ditunjukkan dengan kebahagian yang membuat suasana hati menjadi nyaman , sedangkan rasa sedih lebih kearah “kontrovesi hati” (meminjam istilah om vicky @ vickinisasi)

dan bagaimana dengan mengeluh? mungkin mengeluh berasal dari kata “keluh”…sedikit menuju ungkapan “eluh”…dasarnya bisa saja diambil dari ucapan “uuuuuhhhh…….”

nah , ucapan “uhhhhh…” kalau kita ucapkan , seperti membuang energi “lelah” dalam diri, rasa ketidakpuasan atas pencapaian yang tidak sesuai dengan harapan kita.

Ini bukan tulisan ilmiah , hanya coretan menjelang beraktivitas, selanjutnya teman …bagaimana caranya agar kita dapat mengalihkan energi “lelah dan tidak puas” menjadi energi positif yang mampu menghasilkan karya :

sekedar sharing , mungkin ini caranya :

  1. Istirahat , tenang …diam, kalau perlu tidur (ingatkan dalam diri – jangan lupa untuk bangun , tidur yang gak bangun-bangun dapat membahayakan)
  2. bisa juga dengan duduk tafakur (sesuai ajaran agama masing- masing) , berdoa …atau sekedar mengucap kebesaran namanya (misalnya zikir) tidak usah berharap segala keajaiban dari doa kita, cukup menghadapNya sembari berfikir apa yang terbaik selanjutnya
  3. jika masih tidak bisa
  4. jalankan hobby baik kita , bermusik , makan , atau apalah…yang membuat suasana hati menjadi nyaman
  5. masih tidak bisa ????
  6. ulangi lagi dari langkah 1
  7. tetap tidak bisa ….?
  8. teruslah mengeluh hingga lelah anda mengeluh

 

So , keep smile dan selalu berkarya untuk kita sendiri, untuk kebahagian kita sendiri , sehingga bermanfaat untuk sesama , aminisasi (@vickynisasi)

admin

orang biasa - dosen biasa - praktisi biasa

You may also like...

2 Responses

  1. Harris Munandar says:

    hahahha… baru kali ini saya mengunjungi web bapak, ternyata bukan hanya sekedar modul kuliah yang tersedia, tetapi juga tulisan “coret coret” yang memuat saya tertawa geli membacanya…

Leave a Reply

%d bloggers like this: