Beranda Forums Seberapa Penting Pajak ? Sri Mulyani Ingin Zakat Dikelola Seperti Pajak

Tagged: 

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by  ridone 4 months, 3 weeks ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #931

    ridone
    Participant

    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkap, pengelolaan dana zakat di Indonesia masih tetap belum juga dikerjakan dengan maksimal, walau sebenarnya systemnya dapat dikerjakan sama dengan pemerintah mengelola dana pajak.

    Hal itu disibakkannya dalam acara 2nd Annual Islamic Finance Conference (AIFC) 2017 di Hotel Ambarukmo, Yogyakarta, Rabu (23/8/2017).

    Sri Mulyani mengatakan, ekonomi berbasiskan islami serta keuangan syariah, bersama rencana yang ciri khas, sudah berperan serta selalu mensupport tercapainya maksud pembangunan.

    Terlebih, ekonomi berbasiskan islam berdiri diatas seperangkat maksud komprehensif yang sudah dirumuskan oleh beberapa ulama islam jadi tv hd android maksud syariah, yakni perlindungan agama, perlindungan hidup, perlindungan berpendidikan, perlindungan keturunan, serta perlindungan kekayaan atau harta benda.

    ” Ekonomi berbasiskan islam, dalam beberapa hal sudah sesuai bersama maksud pembangunan PBB. Zakat serta wakaf, umpamanya juga sudah banyak dipakai jadi instrumen untuk mengangkat kwalitas hidup serta sekalian tingkatkan status ekonomi orang-orang miskin, ” kata Sri Mulyani.

    Dia bercerita, kalau masih tetap ada sekumpulan orang yang tahu zakat cuma untuk keharusan tahunan yang dibayar pada akhir Ramadan, yaitu zakat fitrah. Walau sebenarnya, ada type zakat yang tidak sering dipenuhi atau dibayar seperti zakat maal atau zakat kaya.

    Belum juga taatnya pembayaran zakat maal, kata Sri Mulyani, bisa saja karna pemahaman tradisionil kalau objek zakat maal cuma emas, perak, pertanian, peternakan, serta pertambangan.

    ” Pemahaman ini tidak seutuhnya salah karna umumnya harta benda ketika itu ada berbentuk itu. Namun sekarang ini harta atau kekayaan dapat berbentuk yang jauh berlainan seperti saham, sukuk, serta gaji atau upah, jika kita ikuti pengertian kekayaan classic mungkin saja bukanlah objek zakat, ” tutur dia.

    Sama dengan pajak, kata Sri Mulyani, zakat maal ini mesti dibebankan pada aset produktif atau tumbuh, jadi keunggulan keperluan basic yang live tv telah dipunyai prima penuhi jumlah, serta bertahan dalam periode waktu spesifik. Menurutnya, bersama ada pembayaran zakat maal, jadi potensi koleksi zakat juga bertambah.

    Pengelolaan zakat seperti pajak dapat juga merampungkan problem pengelolaan zakat di banyak negara islam termasuk juga Indonesia. Sebab, sampai kini keharusan membayar zakat disalurkan dengan informal lewat keluarga, rekan atau tubuh amal keluarga, hingga mengakibatkan pengelolaan zakat belum juga maksimal.

    ” Jadi bagaimana membuat, me-manage dana ini, karna ini sama dengan pajak, anda membayar serta tidak menginginkan ini kembali, seperti pajak harus berdasar pada UU, ini maksudnya lakukan pembangunan, ini mesti dikelola transparan, serta ini membuat kepercayaan umat serta penuhi pembayaran zakat, supaya memakai sumber daya bersama baik

    • This topic was modified 4 months, 3 weeks ago by  ridone.
Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.